Interview Yuri Bareng Cosmopolitan Untuk Edisi November

October 25, 2013 | By nuno | Filed in: Berita Terbaru.

Setelah sebelumnya kita baru dikasih cuplikan interviewnya, kali ini udah ada nih interview lengkap Yuri bareng majalah Cosmopolitan untuk edisi November mendatang. Isi interviewnya sih masih seputar pemotretan, film, dan karir Yuri. Berikut nih isi interviewnya:

yuri_cosmopolitanNov

Cosmopolitan: Gimana pemotretan hari ini? Kamu seolah-olah lagi berpikir ‘Coba kalo bisa ambil gambarku’. Bikin kita disini berterimakasih banget, karena kadang ada aja selebriti cewe keras kepala kalo dikasih tau, terus berpose dan berekspresi ga sesuai dengan konsep pemotretannya.
Yuri: Ga lama setelah debut, aku suka berpose yang menurutku membuatku terlihat cantik. Setelah mencoba hal baru, aku jadi belajar kalo aku bisa lebih terlihat cantik saat aku berpenampilan natural. Saat pemotretan, aku rasa foto itu terlihat bagus kalo berjalan sesuai konsep. Tentu aja, wajahmu juga jadi lebih cantik.

Cosmopolitan: Well, you do have a good face… Well, kamu punya wajah yang cantik..
Yuri: No, it’s really not! (laughs) Ga, beneran ga! haha

Cosmopolitan: Style yang kamu pake hari ini (a camouflage T-shirt, black skinny jeans, black sneakers, dan kalung a dog-tag-like) keren juga kan? Apa ini penampilanmu sehari-hari?
Yuri: Pertama-tama, aku suka yang nyaman buat aku. Berpakaian terlalu cewe ga banget buat aku. Diantara member, ada yang suka berpenampilan feminin, tapi kalo dengan karakterku, aku ga bisa kalo harus pake aksesoris dan tampil cantik. Aku suka baju yang nyaman. Dan warna hitam selalu yang terbaik.

Cosmopolitan: Ciri khas Yuri adalah rambut hitamnya yang lurus, jadi aku agak terkejut saat tau kamu mewarnai rambutmu dengan dua warna sekaligus sebelum pemotretan. Aku penasaran apa yang membuatmu berani merubahnya
Yuri: Belakangan ini agak membosankan. Warna rambutku. Hidupku akhir-akhir ini juga. Kupikir bakal seru aja kalo mengubah warna rambutku sebelum pemotretan, dan, kebetulan, aku ga tau apa arah konsepnya.

Cosmopolitan: Banyak tuh member lain yang udah potong rambut, ngecat rambutnya jadi blonde, rambut Yuri tetap aja ga gitu banyak berubah. Kalo kamu mau merubah gayamu, seperti apa kamu akan merubahnya?
Yuri: Kalo diberi kesempatan sih, aku pengen punya poni, dan punya model rambut bob. Ga sekarang sih, tapi mungkin nanti. Aku pengen pelan-pelan aja. Sampai sekarang aku jarang ngelakuin transformasi buat promo ga seperti member lain. Jadi aku rasa kalo aku ngelakuin transformasi efeknya bakal lumayan gede. Jadi aku mempersiapkan diri buat momen itu.

Cosmopolitan: Saat kamu ngeliat girl grup lain yang selalu mencoba style baru untuk tiap album, kadang stylenya bisa dibilang jelek. Kalo kamu ngeliat seperti itu, ada ga fotomu yang ada di internet yang ingin kamu hapus?
Yuri: Kenapa, aku juga banyak tuh foto yang jelek. Apalagi airport fashion! haha.. Aku kan suka baju yang nyaman, jadi aku suka pake baju yang sangat nyaman kalo naik pesawat. Tapi karena ada airport fashion, aku jadi ga bisa lagi seenaknya seperti itu.

yuri_cosmopolitanNov1

Cosmopolitan: Menurutku nih, dari sembilan member Girls’ Generation, Yuri lah yang paling cocok dengan ‘Cosmopolitan’. Kamu bugar, penuh energi, dan sexy.
Yuri: Kalo kamu berpikir seperti itu, aku senang banget. ‘Cosmo’ selalu nunjukin gaya hidup wanita yang hebat. Ini juga majalah yang aku suka banget. Baguskan?

Cosmopolitan: Kapan kamu ngerasa sexy? Momen dimana kamu ngerasa oke.
Yuri: Abis mandi? Saat aku ga pake makeup. Aku rasa cewe yang pede meskipun tanpa makeup itu cantik. Cewe yang emang cantik karena kulitnya emang bagus, dan makin cantik dengan rambutnya yang sehat. Dan kalo mereka punya tubuh yang indah, jadi apa aja yang mereka pake bakal terlihat cantik. Oh, satu lagi terlihat sehat dan bugar juga terlihat cantik..

Cosmopolitan: Semalam aku nonton film dokumenter SMTOWN, ‘I Am’. Dibandingin saat kamu tampil di Madison Square Garden, adegan di mana setiap tim berjalan dari panggung menangis setelah debut justru membuatku terkejut. Karena itu membuatku merasa bahwa emosimu pasti campur aduk. Apa kamu ingat dengan jelas masa-masa itu?
Yuri: Tentu saja. Itu untuk siaran SBS. Sebenarnya sulit mencoba untuk menjelaskan emosi yang dirasakan setelah sampai ke tahap itu, tahap yang udah aku rindukan selama tujuh tahun. Member lain saling memberi support, tapi saat itu yang ada hanya sangat emosional. Karena kita bersembilan menghitung mundur pada jari-jari kita sampai dengan tanggal debut kita.

Cosmopolitan: Kamu lolos audisi SM dengan kompetisi yang ketat. Pernah ga kamu denger alasannya kenapa kamu akhirnya bisa lolos?
Yuri: Ah, aku pernah tanya orang yang dulu casting aku. Aku tanya, ‘Apa yang kamu pikirin waktu casting aku?’ Waktu itu, bahkan menurutku aku jelek, ga bisa nyanyi, dan ga bisa ngedance. Ngomong aja susah. Aku malah nangis waktu disuruh nyanyi depan kamera. Tapi kata mereka, mereka suka karena aku melakukan apa aja yang mereka suruh waktu itu tanpa malu-malu. Aku masih kelas 5 SD waktu itu.

Cosmopolitan: Aku ngeliat video dimana kamu pake training suit merah ngedance lagunya BoA ‘Sara’, kapan itu?
Yuri: Itu setelah audisi, dan udah dapat pelatihan selama setahun. Dulu aku ga ngerasa takut apapun, dan ga malu-malu, semua karena emang aku suka.

Cosmopolitan: Dari masa-masa trainee sampai sekarang, berarti udah 12 tahun? atau 13 tahun?
Yuri: Udah lebih dari 14 tahun.

Cosmopolitan: Pernah ngerasa ga ada momen yang bikin kamu serasa ga punya kekuatan?
Yuri: Waktu trainee, waktu itu badai salju. Karena jalanan licin, masyarakat sempat dihimbau ga keluar rumah. Tapi setelah pulang sekolah, aku langsung menuju tempat trainee. Sampai aku bolak-balik jatuh karena licin, eh sampai di tempat trainee ternyata kelasnya dibatalin. Aku kecewa banget, paling ga harusnya mereka ngabarin kita kalo kelasnya dibatalin.

Cosmopolitan: Momen seperti itu bikin kamu pengen duduk di pinggir jalan dan angis bukan?
Yuri: Aku nangis. Waktu menuju subway aku nagis, mana ga dapet tempat duduk. Biasanya, abis latian, aku suka duduk di lantai di kereta subway. Tapi hari itu, aku benar-benar sedih banget duduk di lantai. Aku ada nodul vokal juga, dan ga punya banyak hari tersisa sampai evaluasi … Benar-benar masa sulit karena aku lagi ga suka apa pun yang terjadi di sekitarku.

yuri_cosmopolitanNov2

Cosmopolitan: Sepertinya kamu orang yang perfeksionis, ga seperti penampilanmu yang santai. Aku dengar kamu pernah nagis waktu lagi belajar akting gara-gara vokalmu ga bekerja dengan baik
Yuri: Waktu pertama kali masuk kuliah, hal pertama yang ada dipikiranku adalah menghilangkan image Girls’ Generation Yuri. Selama pelajaran aku berusaha buat tampil beda. Contohnya nih, waktu ada tugas berpasangan dan berpura-pura jadi kaca. JAdi teman cowoku itu berperan jadi orang yang lagi sakit, nah aku harus menirunya. Tapi aku malu karena aku belum dekat dengan mereka. Tapi kan aku ga punya pilihan lain, dan harus? Setelah berlatih seperti itu, ada sesuatu yang secara natural pecah. Penting banget buat menghilangkan penghalang yang selama ini aku buat. Aku pikir aku belajar banyak dari teman-temaku yang buka selebriti. Kalo soal akting, menurutku lebih asik belajar dari bersosialisasi dengan orang lain. Sembari promo dan bertambah usia tiap taun, kadang aku ngerasa emsoiku jadi membosankan.Jadi aku selalu berusaha mengingat apa yang aku alami. Terutama ekspresi wajah disaat-saat tertentu.

Cosmopolitan: Berarti, bakat dan keterampilan itu harus terus diasah ya
Yuri: Karena itu aku berusaha supaya ga terlalu banyak berpikir saat berakting. Yang paling sering aku denger adalah sensibilitas itu paling penting saat berakting. Itu membuatku berpikir kalo aku ga boleh menghilangkan rasa lugu yang cuma dimiliki anak kecil.

Cosmopolitan: Menurutku saat-saat Girls’ Generation terlihat cantik itu justru saat ngeliat kamu bertingkah ‘kkab’ di variety show. Tapi setelah kamu mulai berakting, tampaknya tingkah konyol kek gitu udah ga boleh diperlihatkan lagi
Yuri: Sebenarnya ada masanya aku sempat bingung. Aku pengen nunjukin berbagai macam sisi diriku, jadi aku ngerasa harusnya aku ga perlu terlalu jaga image, sapa tau aja karirku sebagai aktris ga solid. Aku sampai berusaha jaga image terus. Tapi akhirnya ga bisa, aku balik lagi seperti aku apa adanya. Kalo disuruh bertingkah konyol lagi aku mau kok, bahkan jauh lebih baik dari sebelumnya haha..

Cosmopolitan: Di panggung tampilanmu penuh karisma, tapi bertingkah konyol saat di variety show. Ga banyak loh selebtiti cewe yang kek gitu
Yuri: Aku emang pengen kek gitu. Makanya aku suka Hyori unni. Dia selalu percaya diri. Dan dia jadi vegetarian sambil jadi volunteer bukanlah sesuatu dari lahir, tapi sesuatu yang ia pilih sendiri. Saat melihatnya mengembangkan diri seperti itu, aku ngerasa dia keren banget. Sama aja seperti dia bikin lagu sendiri dan selalu menunjukkan sesuatu yang baru , penampilan yang baru. Aku ngiri saat dia bisa mempertahankan kehidupan pribadinya meski aktif sebagai selebriti. Dan juga pernikahannya.

Cosmopolitan: Fansmu, tampaknya ada banyak oppas ‘yang tahu satu atau dua hal’, seperti Yoon Jongshin atau Sung Sikyung. Menurutmu apa alasannya
Yuri: Ga tau. Tapi, ga seperti yang terlihat, aku ini orangnya canggung. Saat aku tanya ke beberapa orang, gimana kesan pertama mereka padaku, mayoritas ngejwab ga terlalu mengesankan. Banyak teman yang berpikir kalo aku in dingin dan susah didekati. Tapi setelah mereka melihat sisi lainku, mereka bilang aku banyak melakukan kesalahan.

yuri_cosmopolitanNov3

Cosmopolitan: Sesuatu yang ga diduga adalah saat diwawancara terakhir, kamu menyebut Marion Cottillard di ‘La Vie en Rose’ sebagai aktris yang berpengaruh. Saat kamu bilang kamu suka film yang tragis, film yang kebanyakan orang males nontonnya karena harus menangis, aku jadi penasaran apakah ada sisi suram di dirimu. Sesuatu yang ga ‘disangka’ orang dan ga banyak orang tau ternyata ada di diri Yuri?
Yuri: Pertama, aku orangnya itu banyak berpikir. Sebelum memilih sesuatu, aku banyak berpikir baik buruknya. Karena kebanyakan mikir itulah kadang aku jadi sensitif. Sekarang ini, aku lebih suka tempat yang sepi dan ga terlalu banyak orang. Meskipun keliatannya aku punya banyak teman, tapi sebenarnya aku tipe orang yang lebih suka punya sedikit teman dekat yang awet. Aku juga bekerja dengan staff yang aku udah lama kerja bareng. Saat istirahat, aku juga lebih suka beristirahat sendirian.

Cosmopolitan: Pernah ga waktu lagi diskusi script drama atau film, kamu terkejut, dan berpikir, ‘Apa mereka menantikan image seperti ini dariku?’
Yuri: Belum sih. Tapi aku pengen cobain berbagai peran. Waktu dapet peran ‘Anna’ di ‘Fashion King’, aku sempat khawatir apa aku bisa nih peraninnya. Image yang selama ini aku tunjukkin adalah image yang ceria, jadi aku penasaran gimana pendapat orang kalo mereka ngeliat aku jadi Anna yang ambisius, angkuh, dan kaku. Dan ternyata sutradaranya juga casting aku tanpa tau banyak tentang aku. Aku dengar gara-gara dia ngeliat salah satu fotoku dan langsung bilang seperti itulah tokoh Anna. Dia bilang dia pikir bakal ada kepribadian yang sama dibalik wajah dinginku.

Cosmopolitan: Berarti castingnya sukses gara-gara sutradaranya ga sadar?haha..
Yuri: Aku rasa cukup melegakan karena sutradaranya ga gitu tau tentang aku. Untungnya aku jadi bisa nunjukin image yang sama sekali beda dari yang orang pikirkan. Belum ada skenario yang punya kesamaan, jadi aku senang.

Cosmopolitan: Karakter yang perankan di ‘Fashion King’ sama sekali bertolak belakang dengan karakter ‘Jungeun’ di film ‘No Breathing’ yang ceria dan bebas. Aku rasa moodmu juga pasti beda saat dilokasi
Yuri: Beda banget. Saat dilokasi, apapun kondisiku aku selalu dalam mood yang bagus. Karakter yang ceria, sehat, dan penuh energi berdampak padaku.

Cosmopolitan: Gimana set film perdana kamu?
Yuri: Film adalah sesuatu yang pengen banget aku coba. Aku selalu penasaran kenapa orang selalu antusias tentang film dan bersenang-senang saat menontonnya. Dibanding drama, aku rasa film lebih cocok dengan kepribadianku. Untuk semua pekerjaan, aku bakal selalu memberikan sepenuhnya diriku, waktuku, dan memberikan perasaan puas atas hasil dari usaha kerasku. Bukan sekadar hasilnya, aku lebih suka membayangkan karakter yang aku perankan. Akting perdanaku, karakter yang kumainkan agak terlalu berat. Tapi berkat komunikasi dengan sutradara, jadi cukup menyenangkan. Aku juga belajar berapa banyak usaha dan waktu yang diberikan dan ambil bagian untuk satu adegan film.

Cosmopolitan: Kamu suka olahraga air kan, sampai dapat sertifikat scuba diving. Waktu dengar kamu main film tentang renang, kupikir kamu bakal berperan jadi perenang. Tapi ternyata kita bakal ngeliat Yuri yang main gitar dan menyanyi. Apa kamu berlatih secara terpisah buat gitar dan vocal?
Yuri: Ya, aku belajar main gitar. Sebelumnya aku emang udah pengen bisa nyanyi sambil main gitar. Aku punya gitar hadiah dari fans, dan gitar yang aku beli sendiri setaun lalu buat perform, tapi ternyata hari itu ga pernah datang. Gitarku jadi mubadzir. Tapi ternyata aku dapat kesempatan difilm ini. Aku nyanyi dua lagu. SYang satu rock-ballag dan satunya akustik. Yang paling bikin bahagia saat syuting ‘No Breathing’ adalah aku jadi belajar gitar dan menyanyi.

yuri_cosmopolitanNov4

Cosmopolitan: Peranmu bukan sebagai perenang, lalu apa yang jadi alasan sutradara memilihmu?
Yuri: Ternyata sutradaranya udah melihat foto-fotoku dan melihatku diberbagai variety show. Saat pertama kali bertemu dia langsung bilang ‘Aku mau Jungeun dimainkan oleh Yuri’. Awalnya aku ga yakin, jadi aku bertanya karakter Jungeun seperti apa. Dan dia bilang kisah cinta pertama difilm ini beda, bukan kisah yang menyedihkan. Dan karakter Jungeun adalah gadis yang santai, ga jaim kalo lagi kumpul bareng cowo-cowo. Punya kepribadian 4 dimensi, sampai bisa buat orang berpikir ‘Apa sih yang ada dipikiran cewe ini’. Dan itulah kesan pertama yng diliat sutradara saat bertemu denganku. Dia memintaku untuk menjadi diriku sendiri saat berperan sebagai Jungeun.

Cosmopolitan: Setelah memerankannya, apa benar Jungeun beda dari tipikal cinta pertama?
Yuri: Pertama, ia emang santai banget orangnya. Kalian ga bisa ngeliat dia bedebar-debar gara-gara cowo, atau akting malu-malu. Dia sengaja mukul kepala Inguk oppa (sebagai Won-il), dan bahkan ngegangguin Jongsuk (sebagai Woosang) saat tau kalo dia naksir Jungeun. Ga gampang kan buat cewe bertingkah seperti itu didpean cowo yang naksir dia?Tapi itulah Jungeun.

Cosmopolitan: Dia begitu karena dia ga sadar kalo cowo-cowo itu naksir dia, atau meskipun dia udah tau?
Yuri: Dia ga peduli. Cowo naksir itu ga terlalu penting dalam kehidupan Jungeun.

Cosmopolitan: Jadi apa dong yang penting buat hidup Jungeun? Mimpinya jadi seorang musisi?
Yuri: Ya. Menyanyi sambil bermain gitar jauh lebih penting.

Cosmopolitan: Ada ga film yang jadi referensi kamu saat syuting film ini?
Yuri: Film ‘My Sassy Girl’nya Jeon Jihyun unni. Aku nonton berulang kali buat mendapatkan karakter yang easy going. Tapi peran Jungeun ga terlalu cantik. Kamu ga bakal berpikir kalo dia cantik atau feminin saat menontonnya. Ada adegan dimana aku harus mengumpat. Biasanya aku ga pernah mengumpat, beberapa staff merasa kaget. Mereka bertanya ‘Kok bisa sih’, karena menurut mereka aku orang yang ga bisa mengumpat haha..

Cosmopolitan: Itu karakter yang banyak cewe pasti suka
Yuri: Ya karena buka karakter tipikal, jadi menyenangkan saat berakting. Karena, meskipun ada dua cowo yang naksir dia, tapi dia ga tersanjung. Menurutku justru itu yang bikin cowo makin penasaran.

yuri_cosmopolitanNov5

Cosmopolitan: Sebelumnya kamu main dengan Yoo Ah-in dan Lee Jehoon di drama pertamamu, kini kamu bermain dengan Lee Jongsuk dan Seo Inguk difilm pertamamu. Gimana tuh rasanya main bareng cowo-cowo yang sekarang lagi populer?
Yuri: Lumayan kaget sih, karena ternyata keduanya ga sesuai seperti yang kubayangkan. Aku pikir Inguk oppa punya image oppa yang perhatian, ternyata agak-agak menyebalkan. Kalo Jongsuk oppa, aku pikir dia orang yang kalem, ternyata bercandaan mulu. Aku sering banget mukul inguk oppa difilm, jadi aku agak sedikit ngerasa bersalah. Tapi Inguk oppa malah menyuruhku untuk memukulnya lebih keras, ya lumayan jadi mempermudah buat berakting. Dia orangnya santai, tapi ada sedikit aura bad boy. Ada NG selama scene pertama aku dengan Jongsuk, dia malah menggigit tanganku.

Cosmopolitan: Yang bener? Siapa yang bikin NG?
Yuri: Jongsuk haha.. Aku sempat ngerasa gimana gitu dan berpikir ‘Dari planet mana sih ni orang?’ Terus saat aku tanya kenapa dia menggigitku, eh dia malah lupa dan balik tanya. Kek gitu lah kepribadian aslinya. Aku pikir dia bakal ngerasa keganggu, tapi ternyata dia care sama aku.

Cosmopolitan: Jungeun sama sekali ga tertarik dengan dua cowo itu, tapi pernah ga kamu berpikir kalo kamu diposisi Jungeun, kira-kira siapa yang kamu pilih?
Yuri: Aku sempat mikir gitu kok, dan aku memutuskan ga milih keduanya. Bagi Jungeun, Won-il tu seperti anjing piaraan yang udah dia rawat sejak lama. Seperti sahabat. Woosang itu seperti oppa yang baru dia kenal, aku rasa Jungeun ga bakal tertarik sama mereka kecuali kalo mereka berdua dilebur jadi satu. Mungkin kalo cowo ketiga muncul, kalo ga ya dia bakal tetep main gitar dan nyanyi.

Cosmopolitan: Konferensi press ‘No Breathing’ bukannya minggu depan? Kamu pasti disuruh milih antara Lee Jongsuk dan Seo Inguk? Gimana tuh responmu?
Yuri: Ya bener! Duh gimana nih? Hm..Aku bakal ngomong seperti apa yang Jungeun bilang. Aku ga bakal milih dua-duanya haha…

Cosmopolitan: Aku jadi penasaran kira-kira image apalagi yang bakal kamu tampilin kedepan. Dari dulu, kamu bilang pengen jadi musisi seperti Pink, dan menggelar konser. Melihatmu ngedance ‘1,2 step’nya Ciara, aku rasa suatu saat nanti kamu harus ngeluarin album hip-hop.
Yuri: Aku juga sempat berpikir sepertinya menyenangkan kalo punya sub-unit hip hop bareng sama Hyoyeon. Dan aku masih pengen berakting untuk waktu yang lama. Aku pengen cobain berbagai macam karakter. Aku ga peduli karakter apapun pengen aku coba. Karena ada begitu banyak sisi di diriku. Aku pengen berperan seperti kamu ganti baju.

Source: soshified, cosmopolitan
Eng trans: ch0sshi@soshified

Advertisement


Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>