Interview Sooyoung Dengan Majalah Elle Tentang Karir, Girls’ Generation, dan Masa Depan

August 27, 2013 | By nuno | Filed in: Berita Terbaru.

Entah udah berapa kali mimin translate interview Sooyoung dengan majalah. Sepertinya dia member Girls’ Generation yang paling rajin nongol di majalah hehe.. Termasuk kali ini Sooyoung diinterview oleh majalah Elle buat edisi bulan September mendatang.

sooyoung_elleinterview

Berikut petikan interviewnya:

Elle: Kamu baru nyelesain drama terbarumu ‘Dating agency: Cyrano’ sebagai pemeran utama. Jujur aja aku terkejut dengan kemampuan aktingmu.
Sooyoung: Aku sama sekali ga mengharapkan buat ngedengar orang bilang kalo aku melakukannya dengan baik. Karena aku nemuin banyak keterbatasan saat syuting.

Elle: Dari cara bicaranya, bahasa tubuhnya, ‘Gong Minyoung’ sangat menyenangkan
Sooyoung: Melegakan sekali. Penampilanku atau pun kepribadianku ga ada sisi ‘lovely’-nya, jadi aku ngerasa bakal aneh kalo aku maksain diri buat tampil ‘lovely’. Kalo aku ngeliat artis-artis yang bagus banget maen di drama komedi romantis, seperti senior Gong Hyojin, merek tu ga pernah terlihat berusaha buat cantik. Jadi aku berusaha supaya aku bisa nyaman seperti mereka.

Elle: Aku rasa bakal sulit tuh buat seorang idol kalo ga tampil cantik
Sooyoung: Tahun lalu, aku dapat peran sebagai penderita tumor otak di drama pertamaku ‘The Third Hospital’. Aku agak kecewa sebenarnya saat tau aku harus pake kostum pasien dan sedikit make up. Tapi setelah ketemu dengan pasien yang sebenarnya, aku ngerasa sedih sempat berpikir seperti itu. Aku rasa mengesampingkan pemikiran buat tampil cantik justru membuat aktingku semakin natural. Tapi, tetep aja waktu liat tv aku terkejut. Kenapa aku terlihat jelek banget haha..

Elle: Aku tau kamu mempersiapkan diri dari lama buat jadi aktris
Sooyoung: Dari awal aku emang pengen berakting. Waktu masa-masa trainee aku ngerasa masa depanku bakal buram, jadi aku berusaha keras ikutan audisi supaya bisa jadi aktris. Ternyata aku malah jadi penyanyi bareng Girls’ Generation, aku tetap bermimpi buat jadi aktris. Aku ngeliat satu per satu memberku mule mendapatkan apa yang mereka mau, aku masih menunggu kesempatan itu datang. Aku dapat banyak tawaran script, bahkan aku sempat jadi kandidat buat main, tapi mungkin emang belum jodohnya.

sooyoung_elleinterview1

Elle: Wah berarti kamu udah mempertajam ‘pedang’-mu nih
Sooyoung: Waktu trainee dulu, aku selalu gagal saat audisi jadi aku belajar buat merelakan apa yang bukan milikku. tentu lah, ada masa-masa dimana aku menajamkan pedangku. Aku ga tau pekerjaan apa yang aku inginkan, tapi kalo ada yang jatuh di piringku, aku akan mengerjakannya sebaik mungkin. Tapi wajar sih kalo aku bukan target para produser atau sutradara, mereka kan pasti berpikir dua kali kalo mau ngajak aku bermain, resikonya karena aku kan belum berpengalaman. Tapi aku sangat berterima kasih buat mereka yang udah percaya padaku dan memberiku kesempatan.

Elle: Banyak yang berpikir kamu bisa berada di posisi sekarang ini karena kamu member Girls’ Generation
Sooyoung: Benar banget. Aku rasa itu pandangan negatif dari aktor-aktor yang harus aku terima. Kalo aku memulai sendiri, mungkin aja banyak kesempatan yang ga bakal datang padaku. Kedua dramaku, ratingnya biasa aja, tapi aku justru bersyukur. Tapi, ada benarnya juga sih aku dapat banyak kesempatan karena aku member Girls’ Generation. Tapi itu ga bikin aku sedih atau stres, tapi justru memicuku buat lebih bekerja keras dengan pikiran jernih. Member lain mungkin juga berpikir yang sama denganku.

Elle: Sejauh ini kamu memerankan cewe muda yang ceria. Ada ga peran lain yang kamu pengen mainkan?
Sooyoung: Aku pengen karakter yang pasti. Ceweyang bisa kamu temuin sehari-hari, tapi sifatnya egois. Tapi bukan karakter yang jahat banget, tapi karakter yang jadi egois di situasi tertentu seperti kerjaan. Contohnya, seperti karakter yang dimainin sama Kim Minjung unnie di drama ‘New Heart’

Elle: Kamu dikenal sebagai idol yang paling stylish. Kamu juga sebagai icon airport fashion.
Sooyoung: Kadang jadi beban buat aku sampai aku coba berpakaian bertema. Tapi waktu itu ga jadi topik hangat, aku agak kecewa haha.. Kalo aku disponsori keliatan loh. Aku memilih dan berpakaian sendiri, tapi saat membuka pintu lemari aku bisa menghabiskan satu jam karena khawatir. Selain aturan ‘ga boleh berlebihan’, aku ga punya hal-hal khusus yang berkaitan dengan fashion. Aku cuma mencoba untuk mencari chicness yang belum terpikirkan oleh orang lain. Bukan pakaian yang terlihat cantik pada pandangan pertama, tapi aku ingin beda dan pengen ngerasa ‘cool’. Tapi aku ga punya cukup rasa percaya diri untuk mengambil risiko itu. Gimana kalo aku memasukan jaket kebesaran Stella McCartney, sepatu slingback, dengan clutch bag yang aku pakai waktu pemotretan? Gaya itu mungkin cocok di jalan-jalan Paris selama fashion week, tapi aku ga yakin kalo buat airport fashion.

sooyoung_elleinterview2

Elle: Tampaknya kamu yang paling senior diantara member Girls’ Generation. Kamu debut di tahun 2001 dengan duo Korea-Jepang di Jepang.
Sooyoung: Ya, udah 10 tahun sejak aku bergabung dengan SM. Dari usia dimana aku belum tau apa-apa, memulai dengan sebuah ‘bakat’ yang aku punya. Aku terbang dari dan ke Jepang, sendirian naik pesawat di usia 12 tahun. Saat melihat BoA unnie jadi nomer 1 di chart Oricon, aku pikir kalo aku pergi ke Jepang aku juga bisa jadi no 1, tapi ternyata kenyataannya ga. Saat di subway, bawa jadwal, aku pergi ke berbagai audisi. Dulu, aku sempat ngerasa ga enak sama trainee lainnya, karena aku bisa ikut latihan sebanyak mereka di Seoul. Tapi sebagai gantinya aku jadi menguasai bahasa Jepang, yang bisa mendukung di dunia hiburan. Kalo aja aku langsung memulai sebagai Girls’ Generation, aku rasa aku bakal jdai berbeda dengan diriku sekarang.

Elle: Saat kamu berkunjung ke Jepang sebagai member Girls’ Generation, pasti banyak emosi berkecamuk di dirimu
Sooyoung: Ya, aku sampai mau nangis. Saat kita keluar bandara, banyak banget fans yang tungguin kita. Aku terharu banget sambil mikir, ‘Apa yang ga bisa aku dapetin sendiri, sekarang aku bisa dapetin bersama member lain.’ Dulu aku sempat ngerasa kecewa. Posisiku di grup ga jelas, aku hanya mengamati aja. Meskipun ada tawaran datang, aku punya kebiasaan ‘Itu bukan buat aku’. Tapi, saat kita melebarkan sayap ke Jepang, aku ngerasa betapa berharganya memberku, dan aku ngerasa akhirnya aku bisa ngebantu tim ini. Sebelumnya, baik nyanyi atau ngedance, aku ngerasa ga memberi kontribusi banyak buat tim ini. Aku cuma bisa ngebantu dengan keahlian impersonasiku di berbagai variety show. Jadi aku senang banget waktu bisa ngebantu timku meskipun cuma sebatas ngebantu bahasa Jepang. Aku berpikir aku mundur ke belakang tapi ternyata aku mengarah kearah yang benar.

Elle: Kamu udah belajar kalo usaha itu ga ada yang sia-sia. Seiring dengan kebijaksanaan menunggu kesempatan.
Sooyoung: Kalo kamu menggambarkan masa Girls ‘Generation sebagai grafik, ada rangsangan yang baik di saat yang tepat. Kita adalah tim dengan keberuntungan yang sangat baik. Saat kita mendapatkan popularitas dengan sebuah lagu hit di Korea, kita melebarkan sayap ke Jepang. Kita seperti mendapat angin segar bekerja di dunia hiburan Jepang, yang punya sistem yang sama sekali beda dari Korea. Setelah itu, kita pergi ke US dan memulai aktivitas individu. Kalo itu semua datang pada kita dalam satu dorongan, kita jadi ga merasakan perasaan selangkah demi selangkah.

sooyoung_elleinterview3

Elle: Banyak bermacam pendapat tentang style musik terbaru kalian di ‘I Got A Boy’. Gimana pendapatmu?
Sooyoung: Saat pertama kali aku ngedengar musiknya, aku yakin ini bakal sukses. Menurutku bakal seperti apa yang orang bilang pada kami “yah seperti yang udah diduga, ini Girls’ Generation haha..” Tapi sebenarnya kita bersembilan lumayan agak susah buat nyanyiin secara terpisah. Ketika yang satu lagi nyanyi bagiannya, yang lain harus memperhatikan pitch, mengurangi dibagian tengah, dan kembali lagi menuju klimaks. Member lain juga ga banyak membantu karena mereka udah ngeluarin energi buat bagian mereka sendiri. Jadi aku agak kecewa karena keseimbangannya ga begitu jelas keluar.

Elle: Kekuatiranmu pasti makin besar setiap kali kalian akan mengeluarkan album baru?
Sooyoung: Aku tahu kalo mengenakan pakaian yang sama dan menjadi dance grup itu cocok banget dengan kita, dan kita berusaha yang terbaik untuk itu. Tapi kan kita ga mungkin selamanya seperti itu. Yang paling diinginkan oleh Girls’ Generation adalah bermusik yang sesuai dengan usia kita. Seiring berjalannya waktu, kita bakal terus membuat sesuatu yang baru berdasarkan ide apa yang kita bagi bersama member.

Elle: Aku dengar kamu tipe cewe rumahan?
Sooyoung: Aku emang ga terlalu suka jalan-jalan keluar malam. Dan, ibuku juga ga suka kalo hidup tanpa ‘aturan’. Dia selalu berpesan padaku, “Ga peduli sebanyak apa uangmu dan setenar apapun kamu, kamu tetap anakku di rumah.” Jadi, banyak banget perselisihan waktu aku masuk dunia hiburan ini. Aku pengen bersikap layaknya anak kecil dan nyaman di rumah. Tapi, kini aku paham apa yang dimaksud ibuku. Dia peduli kalo dirumah ga ada aturan, pasti akan tercermin keluar.

Elle: Kamu mengaku di TV kalo ayahmu sedang menderita penyakit yang menyerang penglihatannya?
Sooyoung: Sebenarnya bukan maksudku buat bercerita, tapi kebetulan fokus temanya ‘penyakit ayah Sooyoung’, jadi aku sedikit kecewa. Itu bukan tentang gimana ayahku dan apa yang aku pelajari dari beliau. Tapi aku tahu sih kalo itu bakal terjadi namanya juga TV. Penyakit itu (penurunan kemampuan retina) itu terjadi secara lambat jadi kemungkinan kamu ga akan menyadarinya. Dan, ayahku ga pernah tunjukkin kalo dia sakit. Aku belajar banyak dari ayahku gimana ia mencari tahu sendiri tentang penyakitnya, memberi pengarahan pada orang lain, dan menolong penderita lain.

sooyoung_elleinterview4

Elle: Apa pedoman yang paling penting saat menjadi seorang selebriti?
Sooyoung: Obyektif, melihat diri sendiri. Jujur, meskipun aku sebenarnya ga ada di level itu, tapi kalo orang disekitar terus memujiku, aku bisa aja jadi salah pengertian. Ini sesuatu dimana semua member setuju. Agar kita ga menjadi katak besar di kolam kecil. Aku terutama berpikir penting buat tahu apa aja yang dilakuin orang seusiaku. Ketika kita bersama, kita berpikir kita berada di dunia yang kita diami adalah segalanya, tapi itu jadi berbeda kalo kita melangkah keluar meski hanya sedikit. Ada orang yang naik bus untuk bekerja setiap hari pada meski di hari libur. Ada beberapa orang yang belajar keras, mendapatkan beasiswa, dan pergi ke perguruan tinggi. Aku mencoba untuk ga melupakan hal-hal seperti itu.

Elle: Ada sesuatu yang ingin kamu sempurnakan?
Sooyoung: Aku cemburu sama orang yang memiliki sendiri, dunia mereka yang unik. Juga, bukan sesuatu yang didramatisir atau ditiru, tapi nyata. Aku ga suka kalo ada orang yang ga nyaman karena aku, jadi ada banyak masa dimana aku bilang kalo aku baik-baik aja, padahal sebenarnya ga. Tapi kadang hal-hal yang baik belum tentu benar-benar baik. Contoh nih Lee Hyori unnie,kalo kamu yakin duniamu sendiri yang pasti, dan berpikir kalo kamu benar, maka kamu ga perlu berkompromi. Aku pengen punya kemampuan seperti itu.

Elle: Gimana menurutmu masa depanmu bukan sebagai gadis tapi sebagai wanita?
Sooyoung: Kalo kamu seorang wanita, ppastilah bermimpi punya keluarga yang bahagia. Aku juga sama aja. Membayangkan keluarga kedelapan memberku lainnya membuatku terharu. Kalo aku bisa ngeliat teman-teman Girls’ Generation-ku menikah dan mempunyai anak, aku rasa itu aja udah suatu keajaiban.

Elle: 24 tahun. Bukankah ini momen dimana kamu merasa sebagai masa-masa paling cantik dalam hidupmu?
Sooyoung: Saat aku berusia 20 tahun, orang selalu ilang “kamu terlihat paling cantik saat berusia 20 tahun.” Tapi kemudian yang lain bilang usia 30 tahun adalah dimulainya kehidupan seorang wanita haha.. Waktu terus berlalu, aku rasa aku malah ngerasa sedih. Ga hidup sesuai denga isi hati dan lebih ke pengendalian diri dan kontrol diri. Namun,pada akhirnya aku harus membuat keputusan, aku berpikir itu adalah keputusan yang baik.

sooyoung_elleinterview5

Source: soshified

Advertisement


Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>