Interview Seohyun Tentang ‘Moon That Embraces The Sun’

January 31, 2014 | By nuno | Filed in: Berita Terbaru.

Sebuah majalah musikal Korea, PlayDB, berkesempatan buat ngobrol bareng dengan Seohyun tentang debutnya bermain di drama musikal ‘Moon That Embraces The Sun’. Diawal interview, Seo sempat mengatakan kalo ia cukup terbebani memerankan karakter Yeonwoo, apalagi versi drama ‘Moon That Embraces The Sun’ sukses diperankan oleh aktris papan atas Korea, Han Ga In.

seohyun_playdb

Berikut nih isi obrolan Seohyun dengan PlayDB:

PlayDB: Gimana ceritanya kok akhirnya kamu ikutan di ‘Moon That Embraces The Sun’? Aku yakin sebelumnya kamu juga udah pernah dapat tawaran bermain musikal
Seohyun: Aku sejujurnya emang udah pengen banget main di musikal. Tawaran emang ada, tapi aku ga mau terburu-buru dikala aku belum siap. Jadi, aku berhati-hati dalam memilih, dan aku pengen banget bermain disini. Aku suka sama cerita sejarah. Karena dari kecil aku cuma suka nonton drama yang bertema sejarah. Aku suka banget versi dramanya dan udah baca buku ‘Moon That Embraces The Sun’, jadi aku menerima musikal ini dengan hati senang.

PlayDB: Belum lama ini, kamu nonton ‘Wicked’. Karena kamu nonton itu disaat musikalmu bakal segera mulai, pasti ada perasaan yang berbeda?
Seohyun: Aku rasa aku selalu menonton semua musikal yang dimainin sama Ock Joohyun unnie, tanpa satu pun terlewat. Aku selalu bermimpi main di musikal karena ngeliat dia. Dia bagus banget. Setiap kali aku ngeliat dia perform, aku selalu merinding, dan ngebayangin, “Kira-kira lain kali dia bisa bermain lebih baik dari ini ga ya?” Dan tentu aja dia selalu tampil lebih baik. Aku kagum sama dia, dan itu yang memicuku.

PlayDB: Aspek apa yang membuatmu tertarik sama musikal?
Seohyun: Pertama-tama, karena aku suka banget sama musik, aku juga suka menyanyi, dan aku sangat ingin mencoba berakting. Dan ternyata ada suatu kerjaan yang memadukan menyanyi dan berakting, langsung dihadapan penonton, sangat menarik buatku. Sampai saat ini, aku selalu jadi bagian penonton. Aku rasa aku memimpikan gimana rasanya kalo aku yang tampil diatas panggung dan merasakan sambutan dari penonton pasti terasa lebih menghangatkan.

seohyun_playdb1

PlayDB: Kamu bermain dalam sebuah drama belum lama ini. Apa yang kamu pelajari dari akting perdanamu?
Seohyun: Lebih dari apapun, Aku rasa aku jadi lebih baik buat konsentrasi dalam sekejap. Saat butuh akting yang emosional, kamu harus bisa memberikan 100% emosimu saat adegan diambil, dan kamu harus bisa ngejaga emosi itu. Dengan begitu, kamu bisa sampai menangis. Aku rasa aku dapat pelatihan tentang hal itu. Berperan amat sangat membantu.

PlayDB: Berakting di musikal terasa berbeda kan?
Seohyun: Beda banget. Pada dasarnya, kamu harus mengeluarkan semua yang kamu punya saat berakting, tapi caramu mengekspresikannya yang beda. Kalo kamu berakting di kamera, kamu hanya butuh ekspresi wajah dan mata, sementara di teater, aku harus mengekspresikan emosiku ga cuma buat penonton tapi semua orang yang terlibat, jadi aku harus memikirkan tindakan apa yang bisa membuatnya menjadi besar, tanpa melepaskan penampilan itu sendiri. Kalo bisa seperti itu maka hasilnya bakal beda. Di teater lebih banyak adegan yang emosional. Awalnya, aku hanya fokus sama ekspresi wajahku dan gimana membuat mataku berkaca-kaca, tapi itu hanya disegmen awal. Selanjutnya aku belajar, supaya semua orang yang terlibat dipanggung bisa melihat, aku harus mengekspresikan diriku dengan cara yang berbeda.

PlayDB: Pasti ada beban bermain sebagai pemeran utama di musikal pertamamu
Seohyun: Ya. Aku banyak berpikir apa iya aku udah punya kualifikasi yang cukup buat berdiri di panggung ini. Orang-orang yang terlibat disini semua berpengalaman, sementara aku baru aja membuat langkah pertamaku. Awalnya aku ga tau harus gimana. Aku ga tau apa aku bakal bikin kekacauan, atau jadi semacam sendok disebuah meja yang udah tertata rapi haha.. Aku ngerasa kasian buat yang lain. Dan karena itulah kurasa aku harus bekerja lebih keras. Tapi, karena tau kalo ini akting perdanaku, mereka semua mengajariku dan sangat membantuku. Jadi aku semakin banyak belajar belakangan ini. Aku ga lagi cuma ingin tampak bersinar aja. Kali ini aku lebih ingin semuanya berjalan tenang dan rapi, sembari memberikan yang terbaik.

seohyun_playdb2

PlayDB: Pernah ga kamu ngeliat video pertunjukan tahun lalu?
Seohyun: Aku liat, tapi ga semuanya. Aku perlu buat menciptakan karakter Yeonwoo versiku sendiri, dan aku ngerasa kalo aku nonton semuanya justru jadi seperti meniru. Jadi aku emang sengaja ga nonton semuanya itu karena ada tujuannya Setelah nonton, aku mule berkreasi. Aku rasa aku membuat karakter Yeonwoo agak mirip dengan kepribadianku. Alasan kenapa ketiga versi Yeonwoo berbeda satu sama lain, karena kepribadian pemerannya berbeda, dan tentu aja pandangan kita tentang karakter tersebut juga berbeda.

PlayDB: Jadi, sisi dirimu yang seperti apa yang bakal kamu masukin di karakter Yeonwoo?
Seohyun: Serius, agak susah bercanda?haha.. Aku rasa itu mirip. Aku tipe orang yang kurang bisa menerima sesuatu yang ga penting dengan santai. Emang sih mungkin terlihat kaku, tapi itulah kepribadianku. Tapi Yeonwoo sepertinya mirip denganku. Apa yang diajarkan kedua orangtua kami juga sepertinya mirip.

PlayDB: Saat berlatih, apa yang kamu rasain susah?
Seohyun: Banyak sih. Sesuatu tentang pekerjaan ini adalah bahwa ada banyak adegan di mana kamu ga bisa hanya fokus sama lawan mainmu yang terlihat. Misalnya nih, diakhirnya, saat pemilihan putra mahkota yang akan datang, Yangmyung muncul di depan mataku. Kalo dia ga terpilih, dia harus menjalani seluruh hidupnya sendiri, tetapi Yangmyung mengatakan dia akan meninggalkan semua yang dia miliki dan kabur denganku. Benar-benar berpikir realistis, aku bisa memilih Yangmyung, tetapi karena putra mahkota yang ga ada di depanku sekarang, maka aku menolak orang ini. Itu benar-benar sulit. Terutama karena Yeonwoo berusia tiga belas tahun, aku pikir hatinya bisa berubah. Awalnya, cukup sulit buat bernyanyi dan juga fokus pada aliran emosi tanpa harus ragu-ragu, tapi benar-benar pergi dari ‘Apakah aku harus mengikuti orang ini?’ ke ‘Ga, aku ga bisa seperti ini’ sambil memikirkan pangeran.

PlayDB: Bagian mana yang benar-benar menyentuh hatimu?
Seohyun: Ada lagu judulnya ‘Touching Happiness’. Sang raja, yang berpikir kalo Yeonwoo udah mati, belajar dari keberadaan penyihir perempuan, Wol. Karena wol mirip dengan Yeonwoo, dia pun merasa tertarik dan kabur dengannya. Itu hanya sebuah adegan dimana mereka hanya berdua dan bernyanyi dalam kebingungan. Hwon bingung karena dia ga yakin apakah ketertarikannya sama Wol adalah karena dia Yeonwoo, atau cuma karena ia mirip dengan Yeonwoo. Aku (Yeonwoo) sendiri bingung aku tertarik sama sang raja karena aku Yeonwoo, atau karena jiwanya Yeonwoo masuk kedalam diriku. Dan kemudian, Hwon berkata, “Apa kamu menyuruhku untuk melupakanmu, apa kamu aku melupakanmu, Aku mencoba melupakanmu tapi aku ga bisa. Yeonwoo, kau.” Pada saat itulah aku banyak berpikir, dan hatiku lah yang paling ngerasa sakit,bahkan aku sampai terbata-bata.

PlayDB: Apa perbedaan dari ketiga aktor yang memerankan karakter Lee Hwon?
Seohyun: Kyuhyun oppa paling pas memerankan karakter Pangeran Hwon. Perasaan dan tindakannya benar-benar seperti ngeliat seorang Hwon yang lugu. Kalo Kim Dahyun oppa punya karisma yang lembut. Dia biasanya selalu memperlakukan semua orang dengan baik, tapi saat dia berakting dia benar-benar berakting seperti raja, karismanya bikin orang kagum. Sementara Jun Dongsuk oppa emang raja. Semua yang dia lakuin punya nuansa raja. Ketiganya berbeda sih, tapi aku cuma fokus sama apa yang harus aku lakuin, dan aku bersyukur banget karena mereka membimbingku. aku rasa aku hanya butuh melakukannya dengan lebih baik lagi haha..

seohyun_playdb3

PlayDB: Saran apa yang kamu dapetin dari unnie-unniemu, yang udah pernah terlibat di musikal?
Seohyun: Unnie-unnieku selalu menyemangatiku. Mereka bilang percaya diri itu paling penting, dan percaya sama diriku sendiri dan biarlah semua mengalir. Hal seperti itu lah yang justru memberiku kekuatan.

PlayDB: Kamu percaya sama dirimu ga?
Seohyun: Aku juga ngerasain ini saat bermain didrama, hasil yang baik hanya akan keluar kalo kamu percaya 100% sama dirimu sendiri. Kalo kamu ga ngerasa yakin, semuanya bakal terlihat.

PlayDB: Apa yang biasanya kamu lakuin kalo kamu ragu?
Seohyun: Aku ga mau mikirin apapun. Saat didrama dulu, begitu adegannya dimulai, aku ga mau lagi ngeliat naskah. Kalo aku kebanyakan mikir, “Aku harus begini saat adegan ini”, ujungnya malah gagal. Jadi, aku udah mempersiapkan semua sebelumnya. Aku menghafal dan memikirkan semuanya, dan berakting seolah aku ini Yurim. Jadi, saat selesai semuanya menarik bagiku. Itu bisa berhasil, dan membuatku berpikir, “Lain kali, ga banyak yang harus aku lakuin selain percaya pada diriku sendiri”. Aku perlu melakukannya lagi, tapi, sayangnya ga semudah itu juga sih. Sampai sekarang, aku rasa kita selalu butuh kerja keras dan berlatih.

PlayDB: Pasti banyak proyek lain yang pengen kamu lakuin setelah ‘Moon That Embraces The Sun’?
Seohyun: Aku pengen banget mainin karakter Peggy di ’42nd Stree’. Apalagi setelah ngeliat Ock Joohyun unnie, aku makin pengen mainin, jadi setelah itu, aku belajar tap dancing buat konser Girls’ Generation. Dan karena aku udah belajar tap dancing, berarti aku harus nunjukkin itu suatu saat nanti haha.. Dan aku jadi punya tujuan baru dipikiranku setelah nonton ‘Wicked’. Aku pengen memainkan Glinda 10 tahun mendatang. Aku masih banyak kekurangan, jadi aku pengen meningkatkan kemampuanku dulu dan bener-bener pengen cobain memerankannya 10 tahun lagi. Aku juga pengen memerankan karakter yang diluar dari bayangan. Aku pengen memerankan Roxy ‘Chicago’. Tapi bukan yang mau langsung bermain taun depan. Aku harus meningkatkan kemampuanku dulu, jadi aku mau semuanya berjalan perlahan aja. Kemampuan masih sangat kurang saat ini, aku bakal mengosongkan hatiku dan berperan diatas panggung. Aku udah siap buat menerima semua kritikan yang masuk. Karena aku tau aku emang masih sangat kurang haha.. Yang jelas sih aku bakal ngelakuin yang terbaik di musikal perdanaku ini, kemudian menyaring semua kritikan dan menjadikannya suplemen buat pertunjukkanku kedepan. Mindsetku tetap, kerja keras sembari belajar. Tapi musikal benar-benar menyenangkan lho. Aku senang banget bisa bermain di ‘Moon That Embraces The Sun’.

Source: soshified, playDB
Engtrans: ch0sshi@soshified

Advertisement


Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>